Resmikan Gedung Serbaguna di SMKN 2 Pandeglang, Al Muktabar Minta Optimalkan Sektor Pertanian dan Perikanan

Thursday, 1 February 2024
Resmikan Gedung Serbaguna di SMKN 2 Pandeglang, Al Muktabar Minta Optimalkan Sektor Pertanian dan Perikanan
Resmikan Gedung Serbaguna di SMKN 2 Pandeglang, Al Muktabar Minta Optimalkan Sektor Pertanian dan Perikanan

beritasebelas.com, - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mendorong setiap sekolah untuk menggiatkan berbagai inovasi. 

Salah satunya bisa dilakukan dengan mengoptimalkan aset sekolah yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan dan penguatan kompetensi siswa.

Hal itu diungkapkan Al Muktabar saat meresmikan pembangunan sarana prasarana sekolah di Kabupaten Pandeglang dalam rangka ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak tahun 2024 di SMK Negeri 2 Pandeglang, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga: HUT PIPAS ke-20, DWP Lapas Narkotika Jakarta Lakukan Ziarah di TMP Kalibata

Al Muktabar mengatakan, berbagai aset di sekolah selain dipergunakan untuk proses belajar mengajar, juga bisa diberdayakan pada hal yang bernilai ekonomi yang tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa dan sekolahnya, juga bagi masyarakat sekitar.

Di lahan kawasan SMKN 2 ini misalnya ujar Al Muktabar, dengan luas lahan sekitar 8 hektar ini bisa dioptimalkan untuk pengembangan sektor pertanian dengan menanam berbagai jenis pohon ataupun padi.

Lalu bisa juga dilakukan pembesaran ikan di kolam-kolam yang sudah tersedia itu. Semuanya harus produktif apalagi ini SMK.

Baca Juga: Gas Pol Awal Tahun, PLN Nyalakan Serentak 1.000 Pelanggan di Banten

"Apalagi saya lihat tanah di sini cukup subur. Berbagai produk hasil pertanian siswa juga sudah ada, sehingga ini harus terus didorong, yang itu harus dimulai dari SMKN ini,," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga memberikan deadline waktu kepada Kepala Sekolah SMK Negeri Pandeglang untuk membuat proposal kerja berkenaan dengan hal-hal di atas dan mengajukannya ke Pemprov Banten. 

"Saya kasih waktu satu minggu untuk mengajukan proposal itu," pungkasnya.

Baca Juga: Tips Agar Hidup Lebih Nyaman, Yuk Bayar Listrik di Awal Bulan!

Al Muktabar juga mendorong agar sekolah-sekolah negeri bisa berkolaborasi dengan sekolah swasta yang berada di sekitarnya dalam pemanfaatan ruang-ruang praktek. Dengan begitu maka, baik sekolah negeri maupun swasta bisa berdaya bersama. 

"Jadi pola-pola itu harus bisa dilakukan oleh Kepala Sekolah, tidak hanya berdaya di internal tapi juga di eksternal," ucapnya. 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: pandeglangnews.co.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler