Rosan Roeslani Ungkap Isi Pertemuan Bersama Prabowo dan Elon Musk

Wednesday, 22 May 2024
Rosan Roeslani Ungkap Isi Pertemuan Bersama Prabowo dan Elon Musk
Rosan Roeslani Ungkap Isi Pertemuan Bersama Prabowo dan Elon Musk



BERITASEBELAS.COM -Pertemuan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dengan CEO Tesla, Elon Musk, saat momen World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali memancing rasa penasaran publik soal hal-hal yang dibahas.


Mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani, yang ikut dalam pertemuan tersebut memberi sedikit bocoran.



"Dalam kesempatan tersebut saya dan Elon berdiskusi tentang Starlink, layanan internet berbasis satelit," ungkap Rosan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/5).


Menurut Rosan, Starlink akan menciptakan ketersediaan layanan internet secara merata di Indonesia, khususnya di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).


Tak hanya itu, Rosan juga memberikan informasi kepada Elon Musk mengenai kemeja yang dikenakan salah satu orang terkaya di dunia itu, yaitu kain Endek dari Bali.


"Endek berasal dari bahasa setempat yaitu 'gendekan' atau 'ngendek' yang berarti diam atau tetap, tidak berubah warnanya. Sebutan tersebut muncul di tengah proses pembuatannya, yaitu pada saat diikat dan kemudian dicelup, benang yang diikat warnanya tetap atau tidak berubah atau di Bali disebut 'ngendek'," paparnya.


Produksi Endek diketahui sangat dipengaruhi keyakinan dan kepercayaan Bali. Unsur budaya pada kain tenun Endek terdapat pada gagasan atau ide dan nilai luhur yang terkandung dalam kain ikat tradisional ini.


Sedangkan unsur pesona merupakan keterampilan pengrajin atau seniman dalam mendesain dan membuat kain tradisional ini. Lalu unsur prasarana adalah meliputi alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatan kain tenun itu sendiri.


"Kualitas tenun Endek Bali ditentukan oleh kecerahan warna, kerapian, bahan benang, dan motif yang ditampilkan. Setiap daerah di Bali memiliki motif dan warna Endek yang berbeda-beda," lanjut Rosan.


Prabowo diketahui mengunggah momen akrab bersama CEO SpaceX, Elon Musk. Mereka sempat makan malam bersama di sela acara pembukaan World Water Forum ke-10 di Bali.


Acara makan malam Prabowo dengan Elon Musk digelar pada Minggu (19/5) sekitar pukul 19.30 di Balangan, Bali. Pertemuan itu dibuka dengan tarian kecak Bali, yang sekaligus mengiringi Prabowo dan Elon saat menuju ruang pertemuan.


"Welcome to Bali, Elon Musk!" tulis Prabowo di akun Instagram @prabowo.


Pada kesempatan tersebut, Prabowo didampingi pendiri Recapital Rosan Roeslani, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia dan CEO PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) Anindya Bakrie, serta politikus sekaligus pengusaha Maruarar Sirait.


Sumber: RMOL

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini