SIM C1 Resmi Diterbitkan, Bikers yang Punya Vespa sampai Yamaha XMax Wajib Punya

Tuesday, 28 May 2024
SIM C1 Resmi Diterbitkan, Bikers yang Punya Vespa sampai Yamaha XMax Wajib Punya
SIM C1 Resmi Diterbitkan, Bikers yang Punya Vespa sampai Yamaha XMax Wajib Punya



BERITASEBELAS.COM  - Aturan baru lagi dirilis untuk para bikers di Indonesia. Penggemar motoran, penyuka roda dua, apalagi yang punya moge alias motor gede dari ukuran tanggung sampe beneran gede, wajib banget melihat aturan ini dengan saksama.

 

Korlantas resmi meluncurkan SIM C1 yang berlaku se-Indonesia di Satpas SIM Polda Metro Jaya, Daan Mogot, Jakarta Barat, kemarin (27/5). Dengan begitu, pengendara sepeda motor yang memiliki kapasitas mesin 250 cc hingga 500 cc diwajibkan mengurus SIM tersebut.

 

Diwartakan sebelumnya, syarat pemohon SIM C1 harus telah memiliki SIM C setidaknya selama satu tahun. Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menerangkan, SIM C1 berbeda dengan SIM C yang berlaku untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin dari 50 cc hingga 249 cc.

 

”Jadi, SIM sekarang ini dibedakan berdasar kapasitas mesinnya,” tuturnya.

 

Dalam ujian praktik untuk SIM C1, sepeda motor yang digunakan juga sepeda motor dengan kapasitas mesin 250 cc ke atas. ”Ini untuk peningkatan kompetensi mengemudi,” jelasnya.

 

Menurut dia, saat ini masih masa sosialisasi sehingga pengendara dengan sepeda motor berkapasitas 250 cc tidak akan ditilang. Namun, mereka diharapkan bisa segera mengurus SIM C1. ”Tidak ada penilangan, masih sosialisasi,” ujarnya.

 

Namun semua perlu dipersiapkan, apalagi Anda para bikers yang dirumahnya memiliki sepeda motor yang masuk kategori wajib menggunakan SIM C1. Dari yang paling umum, berikut JawaPos.com buatkan daftarnya.

 

Vespa GTS Super Tech 300

 

Motor pertama ini cukup sering terlihat seliweran di jalan raya. Dia adalah Vespa, modelnya GTS Super Tech 300. Motor ini wajib menggunakan SIM C1 jika ingin aman dikendarai di jalan raya.

 

Vespa dengan bandero seharga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra itu mengemas mesin HPE (High Performance Engine), silinder tunggal 4 katup, 4 langkah. Di atas kertas, spesifikasi mesinnya tercatat memiliki kubikasi 278 cc, dengan demikian, pemilik Vespa GTS Super Tech 300 wajib punya SIM C1 walau hanya naik Vespa.

 

Yamaha XMax 

 

Selanjutnya juga masih dari kategori skuter matic alias skutik. Bedanya kali ini bukan Vespa, namun skutik maxi Yamaha yang CC-nya juga 250 cc jika mengacu pada nomenklatur penamaan dan mereknya. Dia adalah Xmax 250 cc.

 

Yamaha XMax dibekali denga mesin BLUE CORE berkapasitas 250 cc yang dilengkapi dengan Liquid Cooled, SOHC, 4 Valves untuk performa dan akselerasi. Kubikasi percisnya sendiri 249,8 cc. Namun biasanya digenapkan, dengan demikian, bikers Yamaha XMax ini wajib punya SIM C1.

 

Honda CBR 250 Series

 

Berikutnya motor kategori sport dari Honda, yakni CBR 250 Series. Bikers motor ini juga wajib punya SIM C1 mengingat cc motor ini adalah 250 cc. Sama, kubikasi mesinnya memang tidak tepat 250 cc di atas kertas, namun motor uji masuk ke kelas 250 cc dengan isi mesin di angka 249,7 cc. Jadilah motor ini juga kena aturan SIM C1. 

 

Motor Honda lainnya yang memiliki cc mesin lainnya di kelas yang sama hampir tidak ada. Di kategori sport bike 250 cc, Honda hanya punya CBR 250 Series yang paling sering seliweran di jalan raya.

 

Selain CBR 250 Series, dari Honda juga ada motor lainnya yang wajib punya SIM C1 adalah CB500X, CB500F dan Rebel 500.

 

Yamaha MT25 dan R25

 

Berikutnya mirip dengan CBR 250 Series. Dia ada dari pabrikan garputala, yakni Yamaha MT25 dan Yamaha R25. Di pasaran global, motor tersebut hadir dengan kubikasi mesin 300 cc, sementara untuk Indonesia hanya kebagian yang 250 cc saja.

 

Dua motor ini juga banyak seliweran di jalan raya, satu berfairing, satu non-fairing. Kubikasi tepat dari motor tersebut juga pas 250 cc, dengan demikian, pemilik motor tersebut wajib memiliki SIM C1.

 

Kawasaki Ninja 250 Series 

 

Pemilik Kawasaki Ninja 250 Series juga wajib punya, sebab seperti namanya, motor tersebut hadir dengan kubikasi mesin 250 cc. Kawasaki Ninja 250 hadir dalam banyak series, dengan yang terbaru adalah ZX-25R, 4 silinder 250 cc.

 

Meski demikian, motor tersebut kelasnya adalah 250 cc, dengan demikian, pemilik motor tersebut wajib memiliki SIM C1. Selain Ninja 250 Series, dari Kawasaki yang masuk kategori pemilik SIM C1 adalah Ninja ZX-4RR dan Eliminator.

 

Motor Lainnya 

 

Motor lainnya yang wajib punya SIM C1 yakni Royal Enfield Hunter 350, Royal Enfield Classic 350, Royal Enfield Meteor dan Royal Enfield Himalaya. Kemudian ada TVS Ronin, TVS Apache RTR 310, dan TVS Apache RR 310.

 

Dari KTM ada RC 390, Duke 390 dan 390 Adventure. Sementara di Husqvarna dan BMW ada Svartpilen 401, Vitpilen 401, Sementara BMW G310R, BMW G310 GS dan BMW C400X


Sumber: jawapos

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini