Student Loan Sudah Ada Sejak 1980, Namun Tidak Terlaksana, Benarkah? Begini Sejarahnya!

Friday, 2 February 2024
Student Loan Sudah Ada Sejak 1980, Namun Tidak Terlaksana, Benarkah? Begini Sejarahnya!
Student Loan Sudah Ada Sejak 1980, Namun Tidak Terlaksana, Benarkah? Begini Sejarahnya!

Mahalnya biaya pendidikan selalu menghantui setiap orang. Pemerintah selalu berupaya untuk meengurangi kesenjangan pendidikan. Itulah mengapa program student loan mulai digalakkan. 

Student loan atau dalam bahasa Indonesia disebut pinjaman pelajar adalah bentuk dukungan keuangan yang ditawarkan oleh pemerintah atau lembaga keuangan khusus. Tujuannya adalah untuk membantu menutupi biaya pendidikan, seperti biaya kuliah, buku, perumahan, makanan, dan biaya lainnya yang terkait dengan hidup di kampus. 

Pinjaman ini dapat berupa pinjaman subsidi (subsidized loan) atau pinjaman tanpa subsidi (unsubsidized loan), yang kemudian harus dikembalikan dengan bunga setelah mahasiswa lulus dan memperoleh pekerjaan.Baca Juga: Kuliah Gratis Tanpa Beasiswa? Student Loan Solusinya, Simak Cara Daftarnya Berikut Ini!

Beberapa perkembangan dalam hal dukungan keuangan pendidikan di Indonesia mencakup:

1. Beasiswa Bantuan dan Bantuan Keuangan 

  • Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, beasiswa dan bantuan keuangan lebih umum digunakan untuk membantu mahasiswa yang membutuhkan.

2. Program Beasiswa dan Kredit Pendidikan

  • Pada era Orde Baru, pemerintah mulai memperkenalkan program beasiswa dan kredit pendidikan untuk mendukung akses mahasiswa ke pendidikan tinggi.

3. Kredit Pendidikan Lembaga Keungan

  • Pada tahun 1990-an, beberapa bank dan lembaga keuangan mulai menawarkan produk kredit pendidikan untuk mendukung pembiayaan pendidikan tinggi.

4. Program Beasiswa dan Pinjaman Pendidikan Pemerintah

  • Pemerintah Indonesia meluncurkan berbagai program beasiswa dan pinjaman pendidikan untuk membantu mahasiswa dalam pembiayaan pendidikan tinggi, seperti Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

5. Perkembangan Program Keuangan

  • Program beasiswa dan bantuan keuangan terus berkembang, termasuk program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang juga mencakup aspek bantuan biaya pendidikan.

6. Program Bantuan Melalui Lembaga Keuangan

  • Seiring dengan perkembangan teknologi keuangan, beberapa lembaga keuangan fintech di Indonesia juga mulai menawarkan layanan pinjaman pendidikan dengan persyaratan yang lebih mudah dan proses yang cepat.

7. Pandemi Covid-19 : Bantuan dan Pembebasan Dana Pendidikan

  • Selama pandemi COVID-19, pemerintah memberikan bantuan dan keringanan pembayaran kepada mahasiswa, termasuk pembebasan biaya kuliah dan pengurangan beban pembayaran.

Meskipun pinjaman pendidikan tidak sepopuler seperti di beberapa negara lain, pemerintah dan berbagai lembaga di Indonesia terus berusaha untuk meningkatkan akses dan dukungan keuangan bagi mahasiswa dalam mengejar pendidikan tinggi. Perkembangan ini sejalan dengan upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan daya saing bangsa.

Sayangnya, itikad baik pemerintah tidak selamanya berjalan lancar. Hal ini dapat dilihat dari kasus kegagalan pinjaman dana pendidikan yang diberikan pemerintah pada tahun 1980-an. 
 

Kegagalan Pinjaman Dana PendidikanBaca Juga: Tak Ada Bedanya Dengan Pinjol ! Student Loan Dalam Sudut Pandang Ekonomi Syariah

Sebenarnya, pada tahun 1980, Indonesia sudah melaksanakan pinjaman dana pendidikan yang dikenal dengan Kredit Mahasiswa Indonesia (KMI). Sayangnya program ini mengalami kegagalan. 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: kabarbuana.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler