Tanah Rencong Terbelah-belah Semakin Sempit, Kabupaten Baru Ini Terus Berjaya Usai Meninggalkan Provinsi Aceh dengan Damai

Friday, 2 February 2024
Tanah Rencong Terbelah-belah Semakin Sempit, Kabupaten Baru Ini Terus Berjaya Usai Meninggalkan Provinsi Aceh dengan Damai
Tanah Rencong Terbelah-belah Semakin Sempit, Kabupaten Baru Ini Terus Berjaya Usai Meninggalkan Provinsi Aceh dengan Damai

beritasebelas.com - Provinsi Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia yang ibu kotanya berada di Banda Aceh dengan julukan tanah rencong.

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus.

Di mana Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatra dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia.

Baca Juga: Pemain Manchester United ini Ungkapkan Rasa Senangnya Setelah Mencetak Gol Pertamanya di Liga Inggris

Menurut hasil sensus Badan Pusat Statistik tahun 2021, jumlah penduduk provinsi ini sekitar 5.333.733 jiwa, dan pada akhir tahun 2023 berjumlah 5.515.839 jiwa.

Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh Laut Andaman.

Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala dan Laut Andaman di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.

Aceh dianggap sebagai tempat dimulainya penyebaran Islam di Indonesia dan memainkan peran penting dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara.

Baca Juga: Rahasia Unik Pernikahan Pariaman yang Mengejutkan! Bajapuik Bukan Sekadar Adat, Ini Alasan Mengapa Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Terbaru!

Pada awal tahun 710–1522 M, Kesultanan Samudera Pasai adalah status Wilayah protektorat Kesultanan Utsmaniyah (1569–1903) lalu menjadi Kesultanan Aceh saat itu adalah negara terkaya, terkuat, dan termakmur di kawasan Selat Malaka.

Sejarah Aceh diwarnai oleh kebebasan politik dan penolakan keras terhadap kendali asing, termasuk bekas penjajah Belanda dan dulu pemerintah Indonesia. Jika dibandingkan dengan dengan provinsi lainnya, Aceh adalah wilayah yang sangat konservatif (menjunjung tinggi nilai-nilai agama).

Persentase penduduk Muslim-nya adalah yang tertinggi di Indonesia dan mereka hidup sesuai Syari'at Islam (hukum Islam).[8] Berbeda dengan kebanyakan provinsi lain di Indonesia, Aceh memiliki otonomi yang diatur tersendiri karena alasan sejarah.

Aceh memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk minyak bumi dan gas alam. Sejumlah analis memperkirakan cadangan gas alam Aceh adalah yang terbesar di dunia.

Baca Juga: Siap Kalahkan Stadion Utama di Sumbar, Jambi Bangun Stadion Utama Sepak Bola Super Megah Standar FIFA

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianhaluan.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler