Ternyata Soekarno pernah nikahi aktris Hollywood, tahun 1974 muncul pengakuan mengejutkan

Thursday, 16 May 2024
Ternyata Soekarno pernah nikahi aktris Hollywood, tahun 1974 muncul pengakuan mengejutkan
Ternyata Soekarno pernah nikahi aktris Hollywood, tahun 1974 muncul pengakuan mengejutkan


BERITASEBELAS.COM - 
Presiden RI pertama Ir Soekarno sebagaimana diketahui punya banyak istri, jumlah yang terekspos oleh media yakni 9 istri.


Namun tidak banyak yang tahu kalau sang Proklamator itu pernah menikahi aktris Hollywood.


Pernikahan Soekarno dengan aktris Hollywood itu sepertinya bukan rumor belaka, karena kabar tersebut dilontarkan langsung dari mulut si wanita setelah sekian lama merahasiakan ikatan janji sucinya bersama sang Proklamator.


Wanita yang pernah menikah dengan Soekarno itu bernama Amelia de la Rama, aktris asal Filipina yang namanya melambung setelah bermain dalam film The Steel Claw, produksi Hollywood, Amerika Serikat, pada tahun 1961. 


Dikutip Hops.ID dari YouTube Historia.ID yang tayang pada 23 Oktober 2018, Soekarno bertemu dan jatuh hati dengan Amelia de la Rama ketika sang Presiden melakukan kunjungan ke Filipina pada tahun 1964.


Gosip pun berhembus kencang di kalangan jurnalis lokal Filipina, disebut-sebut Bung Karno membelikan rumah mewah untuk sang Aktris.


Tak main-main, rumah yang dibelikan Soekarno untuk aktris yang berkarier di Hollywood Amelia de la Rama di kawasan Forbes Park, Manila, Filipina.


Konon kabarnya, Amelia sendiri sempat merahasiakan hubungannya dengan orang nomor 1 di Republik Indonesia itu.


Sampai pada akhirnya Amelia de la Rama membuat sebuah pengakuan publik yang mengejutkan pada tahun 1979, bahwa dirinya diam-diam telah menikah dengan Soekarno di tahun 1964.


Bahkan Soekarno punya panggilan sayang untuk Amelia, yaitu Sampaguita, yang artinya melati, bunga nasional Filipina.


Amelia de la Rama hingga saat ini diketahui masih hidup, dan sekarang usianya 97 tahun.


Sebagai informasi tambahan, deretan 9 nama wanita yang pernah menjadi istri Soekarno adalah Siti Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Haryati, Ratna Sari Dewi (Naoko Nemoto), Yurike Sanger, Kartini Manoppo, dan Heldy Djafar.


Kisah cinta Soekarno dengan para wanita tersebut juga banyak diabadikan dalam sejumlah buku.


Seperti “Soekarno Fatmawati Sebuah Kisah Cinta Klasik”, “Heldy Cinta Terakhir Bung Karno”, “Sehimpun Kisah Cinta Sukarno”, dan masih banyak lagi buku-buku lainnya.***


Sumber: hops

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini