Toyota Melangkah Maju: Mesin Pembakaran Baru sebagai Alternatif Ramah Lingkungan

Friday, 2 February 2024
Toyota Melangkah Maju: Mesin Pembakaran Baru sebagai Alternatif Ramah Lingkungan
Toyota Melangkah Maju: Mesin Pembakaran Baru sebagai Alternatif Ramah Lingkungan

beritasebelas.com - Toyota, salah satu pemimpin dalam industri otomotif, telah mengumumkan rencananya untuk mengembangkan mesin pembakaran baru sebagai alternatif untuk merespons permintaan konsumen yang semakin meningkat terhadap mobilitas yang ramah lingkungan.

Keputusan ini mencerminkan visi perusahaan bahwa konsumen seharusnya memiliki pilihan daripada dipaksa untuk beralih ke mobil listrik.

Meskipun penjualan Toyota mengalami peningkatan pada tahun 2023, kendaraan listrik menyumbang hanya sebagian kecil dari total penjualan, dengan hanya 0,926 persen dari lebih dari 11 juta kendaraan yang dikirim oleh konglomerat Jepang ini.

Baca Juga: Tanah Rencong Terbelah-belah Semakin Sempit, Kabupaten Baru Ini Terus Berjaya Usai Meninggalkan Provinsi Aceh dengan Damai

Meskipun tren industri otomotif global menuju kendaraan listrik, Toyota tetap skeptis terhadap visi mobil listrik sebagai satu-satunya solusi.

Dalam sebuah pidato di hadapan 200 manajer dan eksekutif perusahaan, Chairman Toyota, Akio Toyoda, menyampaikan rencana untuk ‘proyek pengembangan mesin besar.’

Pernyataan ini selaras dengan pengumuman di Tokyo Auto Salon 2024, dimana dia menegaskan kembali ambisinya untuk terus mengembangkan mesin sebagai bagian integral dari portofolio Toyota.

Dalam sesi tanya jawab, Toyoda mengekspresikan keyakinannya bahwa kendaraan listrik baterai (EV) tidak akan pernah mencapai pangsa pasar lebih dari 30 persen, terlepas dari perkembangan teknologi.

Baca Juga: Pemain Manchester United ini Ungkapkan Rasa Senangnya Setelah Mencetak Gol Pertamanya di Liga Inggris

Sebagai alternatif, Toyota berkomitmen untuk menjaga keberagaman kendaraan bensin, hibrida, dan mobil listrik sel bahan bakar, dengan tambahan potensi dari mesin pembakaran hidrogen yang juga disebutkan sebagai solusi yang potensial.

Pemimpin perusahaan ini juga mencermati aspek pekerjaan dalam industri otomotif ketika mendiskusikan perubahan ke arah kendaraan listrik.

Toyoda mengungkapkan keprihatinan bahwa beralih secara mendadak ke mobil listrik bisa menimbulkan ketidakpastian di kalangan pekerja industri otomotif, dengan jutaan pekerja yang terlibat dalam pengembangan mesin tradisional.

Pentingnya keputusan Toyota untuk tetap fokus pada pengembangan mesin pembakaran baru muncul di tengah-tengah langkah-langkah produsen mobil lain yang secara agresif beralih ke kendaraan listrik.

Beberapa merek terkemuka seperti Jaguar, Chrysler, Lotus, Aston Martin, dan lainnya telah mengumumkan rencana untuk sepenuhnya fokus pada mobil listrik pada akhir dekade ini.

Baca Juga: Rahasia Unik Pernikahan Pariaman yang Mengejutkan! Bajapuik Bukan Sekadar Adat, Ini Alasan Mengapa Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Terbaru!

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianhaluan.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler