Rutan Depok Berencana Buka Kejar Paket Pendidikan untuk Warga Binaan

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM – Rumah tahanan (Rutan) Kelas I Depok berencana membuka kejar paket pendidikan untuk warga binaan. Pendidikan paket A, paket B dan paket C diberikan kepada warga binaan yang tidak bisa menamatkan pendidikan di luar rutan.

“Rencana Rutan Depok nanti kita bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok dan pusat kegiatan belajar mengajar akan melaksanakan kejar paket A, B dan C supaya warga binaan kami yang masih usia produktif, tapi tidak bisa ketika di luar menamatkan sekolah dasar bisa kami fasilitasi,” kata Kepala Rutan Kelas I Depok Andi Gunawan kepada wartawan, Jumat, (14/1/2022).

Andi mengatakan banyak warga binaan yang berminat dengan rencana adanya kejar paket pendidikan di Rutan Depok. Mayoritas mereka tertarik mengikuti pendidikan paket C.

Baca juga: Eks Karutan Depok Dituntut 2,5 Tahun Penjara Terkait Kasus Narkoba

Dia menjelaskan semua warga binaan bisa mengikuti kejar paket pendidikan. Warga binaan yang berminat mengikuti kejar paket pendidikan rata-rata berumur 21 hingga 38 tahun.

“Warga binaan ber-KTP Depok dan semua,” ucap Andi.

“Masih usia produktif semua. Rata-rata di antara umur 21 sampai 38,” tambahnya.

Lebih lanjut, Andi menjelaskan pihaknya akan menyiapkan kelas untuk para warga binaan yang mengikuti kejar paket pendidikan. Rutan Depok juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok untuk menyiapkan tenaga pengajar.

“Nanti kita siapkan kelas, kita buatkan jadwalnya. Tentunya kita sudah ada pengajar dari Dinas Pendidikan, atau pusat belajar mengajar itu kita laksanakan. Mungkin kita atur di pagi bisa dua kelas dan sore dua kelas,” ujarnya.

Andi berharap dengan dibukanya kejar paket pendidikan, warga binaan bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ketika mereka sudah bebas. Warga binaan juga dapat melamar pekerjaan menggunakan sertifikat paket A, paket B maupun paket C yang sudah mereka jalani.

“Harapannya ketika bebas nanti dan adanya sertifikat kejar paket A, B dan C tadi bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan yang lainnya dalam melamar pekerjaan atau melanjutkan ke universitas perguruan tinggi,” imbuhnya.

Baca juga: Ditjen Pas Bantah Cerita Eks Napi Disiksa di Lapas Narkotika Yogya (fas/fas) rutan depok narapidana jabodetabek depok

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan