Sekda Lahat Arogan, PKL Diusir Tanpa Belas Kasihan

0
2504
[Sekda Lahat Januarsyah SH MM saat membongkar lapak para pedagang kaki lima – foto A Yudiansyah beritasebelas]

A yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Demi mengejar dan mendapatkan Piala Adipura bagi Kabupaten Lahat, Satuan Polisi Pamong Praja dikomandoi oleh Sekda Lahat Januarsyah, SH MM, mulai gencar melakukan razia pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Kolonel Burlian, Pasar Lematang, dan Jalan Prof, Emil Salim.

Namun, penertiban hanya dilakukan jelang adanya penilaian Piala Adipura ini, mendapat respon negatif dari para pedagang yang merasa diperlakukan dengan arogan oleh petugas Satpol-PP yang dipimpin oleh Sekda Lahat.

Bahkan, Iyon (27), seorang pedagang Es yang biasa berjualan di depan Graha mengatakan, ada 11 lapak milik mereka diangkut petugas, tidak hanya itu ada beberapa barang milik mereka yang dihancurkan di tempat.

“Seperti tidak ada belas kasih, lapak-lapak dagangan kami dihancurkan oleh Sekda Januarsyah. Sementara sebagian yang lain diangkut oleh Satpol-PP,” keluhnya, Senin 16 Desember 2019.

Ia juga menambahkan bahwa, sebelumnya memang sudah ada himbauan dari pihak Pemda agar pedagang yang berjualan di sepanjang Jalan Kolonel Burlian hanya buka mulai pukul 16.00 Wib dan merapikan tempat berdagang usai berjulan.

“Untuk himbauan memang sudah ada dari Camat dan Kelurahan, tetapi mereka hari ini tiba-tiba menyita dan merusak lapak dagangan kami, jika kami di nilai merusak pemandangan kota demi mendapatkan Adipura bagi Kota Lahat, hendaknya kami diberikan lokasi berdagang yang strategis,”pintanya.

Kasat Pol PP dan Damkar Lahat Fauzan Khori Denim, membantah adanya perusakan lapak pedagang oleh Sekda Januarsyah. Fauzan beralibi jika mereka tetap bekerja sesuai prosedur dan humanis.

“Surat peringatan dari kelurahan dan kecamatan sudah berulang kali disampaikan. Untuk barang bukti yang kita sita, bisa diambil kembali di Mako Satpol PP dengan membuat surat pernyataan. Bagi pedagang yang jualan di badan jalan semestinya tidak ada,” terangnya saat dikonfirmasi.

print