Seleksi SNMPTN Resmi Dibuka, Begini Syarat Tes Masuk

0
277
[Koordinator Humas SNMPTN, UTBK, SBMPTN Unsri , Prof Dr H Zulkifli Dahlan saat menjelaskan skema tes seleksi masuk PTN 2020 – foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPTN) secara resmi telah membuka pelaksanaan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) merupakan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berdasarkan nilai akademik dan prestasi sesuai yang ditetapkan pemerintah.

Proses SNMPTN 2020 ini sudah dimulai sejak pada 2 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020 melalui registrasi akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yakni di laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Demikian dikatakan Koordinator Humas SNMPTN, UTBK, SBMPTN Unsri, Prof Dr H Zulkifli Dahlan, bahwa tahapan untuk proses SNMPTN sudah dibuka secara serentak.

“Kita sudah mulai menerima seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) untuk perguruan tinggi negeri,” jelasnya, Jumat 6 Desember 2019.

Dikatakannya bahwa  sekolah diingatkan untuk melakukan mengisi akun di LTMPT, karena ini sangat penting bagi sekolah.

“Kalau tak mendaftar maka anak-anak ini tidak bisa mengikuti atau mendaftarkan untuk masuk perguruan tinggu negeri,” jelas dia.

Setelah mendaftarkan, maka sekolah wajib melakukan tahapan lainnya yakni mengisi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS).

“Dari PDSS ini diberikan kesempatan bagi sekolah untuk melakukan pemeringkatan siswa-siswanya, namun ada kuota berdasarkan akreditasi sekolah. Akreditas A sebanyak 40 persen, akreditasi B 25 persen dan akreditasi C 5 persen,”tegasnya.

Dari hasil pemeringkatan ini akan diumumkan bagi siswa atau calon mahasiswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN.

“Bagi siswa atau calon mahasiswa yang memenuhi syarat maka akan mendapatkan pasword dari pusat yang akan dikirim ke sekolah masing-masing,” ujar dia.

Tambah dia, setelah mendaftar calon mahasiswa ini bisa memilih dua PTN dengan masing-masing satu program studi.

“Jadi disarankan bagi siswa yang mendaftar SNMPTN ini harus yakin betul dengan PTN dan program studi yany dipilih karena prodi ini hanya bisa satu untuk satu PTN,” tegas Zulkifli.

Bagi yang memilih prodi bidang seni dan olahraga maka wajib mengunggah fortopolio.

“Untuk seleksi jalur SNMPTN ini sesuai dengan kriteria PTN masing-masing dan pengumuman hasilnya 4 April 2020 pukul 15.00 dan pendaftaran ulang peserta yang lulus dilihat dilaman PTN masing-masing,” urainya.

print