Sosok Tukimin Berjuang Sekolahkan Dua Orang Anak Berkebutuhan Khusus

0
40
[Tukimin dan keluarga di dampingi team KGB ACT Lahat]

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Tukimin (60) seorang warga Talang Kabu Kelurahan Pagar Agung Kecamatan Kota Lahat, harus berjuang menyekolahkan kedua anaknya yang berkebutuhan khusus. Meskipun hidup dibawah garis kemiskinan, Tukimin di dampingi sang istri Ngadisa (40) pantang menyerah dan terus berjuang agar kedua anaknya dapat mengenyam pendidikan.

Tukimin memiliki tiga orang putra, yang pertama Yudi (25), Sugeng (17), dan Irfan (15). Namun, sejak beberapa tahun terakhir, Tukimin bersama sang istri ditinggal sang anak sulung untuk pergi merantau ke Provinsi Jambi.

Kondisi kehidupan Tukimin juga sangat memprihatinkan. Tukimin hanya tinggal dan menempati sebuah rumah (gubuk) beralas tanah, berdinding pelupuh, dan sebagian ditambal dengan seng bekas, tanpa penerangan dan sumber air (sumur). Bahkan, jika hujan datang, tak jarang gubuk yang ditempatinya bocor terkena air hujan.

Dihadapan pewarta, Tukimin menjelaskan jika gubuk dan kebun karet yang digarapnya merupakan milik orang lain. Mereka bekerja menyadap kebun karet tersebut dan hasilnya nanti dibagi dua.

“Kami disini cuma numpang. Gubuk yang kami tempati juga punya pemilik kebun,” ujarnya, Selasa 16 Juli 2019.

Namun, ditengah keprihatinan tersebut, Tukimin tetap bekerja keras agar kedua anaknya, Sugeng dan Irfan tetap mendapatkan pendidikan yang layak sebagaimana masyarakat pada umumnya.

“Iya dua-duanya sekolah, meskipun hanya di SLB. Kami selaku orang tua ingin agar anak-anak kami ini bisa menikmati dan mengenyam pendidikan sebagaimana masyarakat pada umumnya,” pungkasnya.

print