Sumsel Turunkan 17 Pecatur Andalan di Kejurnas Jakarta

0
26
[Para pecatur Kontingen Sumsel saat meraih juara di Kejuaraan Nasional 2018 di Lampung – Foto IST]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumsel telah menurunkan kekuatan penuh pada single event kompetisi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) JAPFA Jakarta.

Pasalnya, Sumsel telah menurunkan 17 atlet catur andalan yang akan berlaga di kompetisi bergengsi yang digelar pada 13-17 November 2018 tersebut.

Sebanyak 17 pecatur andalan Sumsel tersebut diharapkan tampil terbaik sebagaimana mereka tampil di Kejurnas HUT Marinir di Lampung pekan lalu. Benar saja, mereka tampil luar biasa dengan meraih tujuh juara sekaligus.

“Minggu kemarin kita baru selesai di Lampung, 7 karegori kita juara semua. Dan ini kita akan ke Jakarta untuk turun di Kejurnas JAPFA 2018,”tutur Sekretaris Umum Percasi Mursili Tjik Aman, Selasa 13 November 2018.

Lanjut Mursili, bahwa 17 binaannya cukup hanya ditarget dua keping emas agar tidak terlalu membebani para atlet. Sehingga para atlet bermain dengan tanpa beban.

“Realistis saja, mudah-mudahan dua emas tercapai. Syukur-syukur bisa lebih, kita tidak tahu nanti kondisi saat mereka bermain,”tambah dia.

Pria yang juga Wakil Ketua KONI Muba ini menambahkan bahwa dari 17 atlet catur tersebut semua kelas diturunkan baik senior maupun junior karena ajang ini selain peningkatan prestasi juga peningkatan jam terbang. “Semua nomor kita ikut, kecuali nomor beregu karena ini khusus perorangan,”urainya.

Disinggung mengenai lawan berat, Mursili mengaku pemetaan kekuatan catur terbilang selalu tidak tetap. Selalu ada pecatur andalan baru yang boleh jadi mengagetkan. “Tapi kalau biasanya musuh berat dari Pulau Jawa,”terangnya.

Mursili berharap kompetisi ini dapat dimanfaatkan anak didiknya agar sekaligus menjadi pemetaan kekuatan menuju persiapan multievent Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Tanah Papua 2020 mendatang.

print