Sumsel Turunkan 27 Siswa Andalan di LKS Yogyakarta

0
22

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Kontingen Sumatera Selatan menurunkan 27 siswa-siswi andalan yang telah diseleksi tingkat provinsi dalam mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional yang dihelat pada 7-13 Juli 2019, di Yogyakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Widodo, melalui Kasi SMK Disdik Provinsi Sumatera Selatan, Mondyaboni, menuturkan, kontingen Provinsi Sumatera Selatan berjumlah 60 orang terdiri dari 27 siswa, 19 pembimbing, 9 official, 3 peserta pameran, dan 2 orang model.

“Ya, ada 32 bidang yang dilombakan, untuk kontingen kita sendiri mengikuti 20 bidang lomba,”ujar Mondyaboni, Sabtu, 6 Juli 2019.

Lanjut Mondy, bahwa di ajang lomba LKSN menjalin kerja sama secara intensif antara lembaga pendidikan (SMK) dengan dunia usaha/dunia industri (DUDI).

“LKSN ini juga merupakan kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan di SMK,” paparnya.

Menurutnya, LKSN ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKSN tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition(Kompetisi Keahlian tingkat Dunia).

“Siswa yang mengikuti LKSN adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi. Artinya mereka adalah para siswa terbaik dari provinsinya masing-masing,” bebernya.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan agenda tahunan yang merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia.

“Yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing agar supaya mereka yang memiliki prestasi dan skill yang baik akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional,”harapnya.

print