Terjadi 5 Kali Gempa Susulan di Banten, Paling Besar 5,7 Magnitudo

  • Bagikan

Ilustrasi gempa bumi. Foto: Inked Pixels/shutterstock

Gempa berkekuatan 6,6 magnitudo berpusat di laut di dekat Sumur, Pandeglang, Banten. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.05 WIB.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Ambarwati mengatakan, gempa susulan terjadi sebanyak 5 kali. Paling besar diketahui berkekuatan 5,7 magnitudo.

“Gempa susulan hingga saat ini atau pukul 17.20 WIB tanggal 14 Januari 2022. Hasil monitoring BMKG menunjukkan terjadi 5 kali gempa susulan dengan magnitudo terbesar 5,7,” kata Dwikorita saat konferensi pers virtual, Jumat (14/1).

Kerusakan rumah warga usai gempa di Pandeglang, Banten. Foto: Dok. Istimewa

Dirinya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan menjauhi bangunan yang retak. Serta tidak terpengaruh kabar dari pihak yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya

“Rekomendasi yang perlu kami sampaikan ke masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan mohon menghindari dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa tadi,” ungkapnya.

Kerusakan rumah warga usai gempa di Pandeglang, Banten. Foto: Dok. Istimewa

Selain itu, bagi warga yang saat gempa berada di rumah diminta untuk mengecek bangunan rumahnya. Pastikan bangunan dalam kondisi baik sebelum kembali memasuki rumah.

“Mohon periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pungkasnya.

Artikel Asli

Sumber: kumparan.com

  • Bagikan