UIN Yogya Ungkap Alasan Hadfana Penendang Sesajen Semeru Di-DO

  • Bagikan

Sleman –

Hadfana Firdaus, pria penendang sesajen Semeru, diketahui berstatus mahasiswa drop out (DO) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pihak UIN Yogya membeberkan alasan Hadfana di-DO dari kampus tersebut.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Dr Phil AL Makin menjelaskan, Hadfana Firdaus pernah tercatat sebagai mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang masuk pada 2011. Namun pada 2014, ia dikeluarkan karena berturut-turut tidak membayar uang kuliah dan tidak aktif kuliah.

“Pernah kuliah di UIN tercatat di Prodi Bahasa Arab. Kuliah sampai semester 6. Mulai dari 2011-2012 sudah tidak lagi melakukan pembayaran maka saudara HF ini sudah dinyatakan DO pada tahun akademik 2013-2014 karena tidak melakukan daftar ulang lebih dari 3 kali,” kata Al Makin ditemui di UIN Yogya, Jumat (14/1/2022).

“Di sistem kami, SIA tercatat DO 24 Mei 2014,” imbuhnya.

Baca juga: Detik-detik Penangkapan Hadfana Penendang Sesajen Semeru di Bantul

Hadfana juga diketahui sempat mendaftar kembali di UIN pada jenjang S-2. Namun belum ditetapkan sebagai mahasiswa S-2 UIN karena tidak melakukan pendaftaran ulang dalam waktu yang ditentukan.

“Artinya belum resmi menjadi mahasiswa (S-2) UIN,” tegasnya.

Terkait perbuatan Hadfana, Al Makin menyebut apa yang dilakukan oleh Hadfana dengan menendang sesajen itu tidak mencerminkan keberagaman dan jauh dari pendidikan yang diajarkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

“Jelas itu tidak sesuai dengan sikap kita. UIN ini punya tradisi yang kuat dalam dialog antaragama. Dari penelitian, UIN dinilai sebagai peletak dasar kerukunan, peletak dasar toleransi yang memengaruhi skala nasional. Ini tidak sesuai dengan core value kita,” ujar Al Makin.

Di sisi lain UIN juga kecewa dengan adanya kasus ini. Namun, hal itu jangan sampai menjadi dasar untuk membunuh karakter seseorang.

“Ya kecewa pasti kecewa, bangsa Indonesia pasti kecewa. Tapi kekecewaan itu ya jangan lalu membunuh karakter seseorang,” ujarnya.

Baca juga: Hadfana Penendang Sesajen Semeru Ternyata Mahasiswa DO di UIN Yogya (rih/ahr) hadfana firdaus hadfana firdaus ditangkap hadfana sesajen uin yogyakarta sleman sesajen semeru birojatengdiy

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan