Vaksin Booster Ibu Hamil, Ini Syarat dan Vaksin yang Bisa Digunakan

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM – Ibu hamil berisiko untuk terinfeksi Covid-19. Maka dari itu, pemerintah memutuskan memperbolehkan ibu hamil mendapat vaksinasi Covid-19.

Pemerintah sendiri telah memulai vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksinasi booster pada pertengahan Januari 2022.

Apakah ibu hamil bisa mendapatkan vaksin booster?

Baca juga: Jika Vaksin 1 dan 2 Sinovac, Booster Pakai Apa? Ini Panduan Memilihnya

Syarat vaksinasi booster untuk ibu hamil

Melansir laman Kemenkes, ibu hamil bisa mendapatkan vaksin booster, tetapi dengan beberapa persyaratan.

Bagi ibu hamil, penggunaan vaksin mengacu pada Surat Edaran nomor HK.02.01/1/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Dalam Surat Edaran tersebut dituliskan vaksin Covid-19 yang dapat digunakan untuk ibu hamil adalah vaksin Covid-19 platform mRNA Pfizer dan Moderna.

Selain itu, vaksinasi bisa menggunakan vaksin platform inactivated Sinovac. Pemberian vaksin disesuaikan dengan ketersediaan.

Sebelumnya, pemberian vaksin dosis ke-1 diberikan mulai trimester kedua kehamilan dan untuk dosis ke-2 dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

Disebutkan juga dalam SE bahwa vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis dan ketentuan peraturan perundang-undangan dan dengan menggunakan format skrining pada kartu kendali untuk ibu hamil.

Berdasarkan petunjuk teknis, berikut ini syarat-syarat ibu hamil yang bisa menerima vaksinasi Covid-19:

Suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celcius Tekanan darah tidak lebih dari 140/90 mmHg Usia kehamilan lebih dari 13 minggu Tidak memiliki keluhan seperti kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, pandangan kabur

Baca juga: Simak, Ini Alur Pelaksanaan Vaksinasi Booster Covid-19

Artikel Asli

Sumber: kompas.com

  • Bagikan