Waspada, BMKG Ungkap 30 Hari Terakhir Ada Peningkatan Gempa di Banten dan Jabar

  • Bagikan

Dwikorita Karnawati Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan masyarakat di wilayah Banten hingga Jawa Barat agar berhati-hati. Sebab, dalam kurun waktu 30 hari terakhir, terjadi peningkatan aktivitas gempa meski masih dalam skala rendah.

“Mohon diperhatikan pemda dan masyarakat, terutama di Jawa Barat, bahkan sampai Jawa Timur. Terutama di Banten, Jawa Barat, dalam 30 hari terakhir kami mencatat terjadi peningkatan aktivitas kegempaan. Namun kekuatannya di bawah 5 [magnitudo]. Barangkali ada yang tidak dirasakan, atau dirasakan lemah,” ujar Dwikorita dalam konferensi persnya, Jumat (14/1).

Meski getarannya masih rendah, ia meminta masyarakat untuk sudah mengantisipasi sejak dini. Terutama memastikan bagaimana kondisi rumah cukup kuat dan tahan gempa.

“Perabotan yang kira-kira labil, mudah rubuh, dan berat agar jangan ditempatkan pada posisi saat kita tidur, bekerja, sehingga disingkirkan, dijauhkan,” ucap Dwikorita.

Ilustrasi gempa bumi. Foto: Inked Pixels/shutterstock

Selain itu, ia juga meminta masyarakat menyiapkan tempat berlindung sementara, terutama pada bangunan bertingkat. Dwikorita mengingatkan jalur evakuasi harus steril dan jangan terhalang apa pun.

“Siapkan akses jalur evakuasi yang jangan terhalang, yang bisa langsung keluar. Kalau di lantai atas tidak bisa keluar, siapkan tempat perlindungan yang kokoh, kuat, aman. Misalnya meja makan, meja tulis yang tahan kokoh kuat. Jangan meja kaca itu berbahaya. Juga akses sampai keluar titik kumpul yang aman jauh dari benda-benda yang mudah rubuh menimpa,” tuturnya.

Meski begitu, Dwikorita meminta masyarakat tidak perlu panik dan meningkatkan kewaspadaan apabila ke depannya terjadi gempa lagi.

“Warga masyarakat memang saat ini masih terjadi gempa-gempa susulan. Namun kekuatannya semakin melemah dan kami mohon tidak panik, tapi tetap waspada,” tutup dia.

Gempa bumi berkekuatan 6,7 magnitudo mengguncang wilayah selatan Banten. Guncangan gempa terasa hingga Jakarta, Depok, bahkan Bandung. Gempa ini dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Artikel Asli

Sumber: kumparan.com

  • Bagikan