Wuih! Sampah Sebanyak 20 Truk Diangkut dari Bendung Soka Klaten

  • Bagikan

Klaten –

Sampah 20 truk dievakuasi dari Bendung Soka, Klaten, Jawa Tengah. Sampah sebanyak itu sebelumnya menyumbat bendungan sehingga mengakibatkan banjir di daerah sekitarnya.

“Dari kemarin sampai hari ini sudah 20 rit truk diangkut. Kalau ditonase sekitar 1,5-2 ton sampahnya,” ungkap Koordinator Pengawas Sungai Wilayah Klaten Balai Besar Sungai Wilayah Bengawan Solo (BBSWBS), Alung Prasaja Utama, kepada detikcom di lokasi yang berada di perbatasan Desa Soka, Kecamatan Karangdowo dengan Desa Bogor, Kecamatan Cawas, Jumat (14/1/2022).

Pantauan detikcom di lokasi pukul 11.30 WIB, Bendung Soka sudah bersih dari sampah yang sebelumnya menumpuk. Tumpukan sampah di mulut Bendung Soka dan sungai sudah dibersihkan satu alat berat. Menurut Alung, gunungan sampah sebanyak itu di Bendungan Soka tersebut merupakan yang pertama kalinya.

“Dalam sejarah baru kali ini, tapi tidak sampai merusak bendung. Air tersumbat, terjadi black water, lalu meluap ke akses jalan, sampai lahan pertanian,” papar Alung.

Baca juga: Ngeri! Penampakan Tumpukan Sampah di Bendung Soka Klaten Picu BanjirBaca juga: Pamit Pergi ke Salon, Ibu-Anak di Banjarnegara Sepekan Menghilang

Selain di Bendung Soka, imbuh Alung, ada dua titik jembatan yang juga dipenuhi sampah dalam jumlah besar. Dua jembatan itu berada di Desa Bogor dan Pogung, Kecamatan Cawas.

“Ada di Jembatan Bogor dan Pogung karena ada jembatan yang bertiang di tengah. Dampaknya sampah pohon tersangkut di jembatan,” terang Alung.

Sampah-sampah di tiga lokasi itu, jelas Alung, berasal dari wilayah hulu. Minimnya kesadaran warga agar tidak membuang sampah ke sungai menjadi penyebabnya.

“Sini kan paling hilir. Minimnya kesadaran masyarakat jadi sebab, karena jika semua sampah dibuang ke sungai dampaknya ke masyarakat juga di hilir,” ucapnya.

Kalak BPBD Kabupaten Klaten, Sri Winoto, menambahkan Bendung Soka sudah bersih. BBSWBS menerjunkan satu alat berat ekskavator.

“Satu alat berat dikerahkan sejak kemarin. Hari ini lokasi sudah bersih, di hulu juga telah kita bersihkan bersama BBSWBS, TNI, Polri, relawan, dan warga setempat,” kata Winoto pada detikcom.

Baca juga: Mahasiswi IAIN Salatiga Meninggal Usai Ikut Acara Mapala di Gunung Telomoyo

Sebelumnya diberitakan, pintu Bendung Soka, Klaten, Jawa Tengah tersumbat berton-ton sampah. Tumpukan sampah ini membuat debit air di bendungan tersebut meluap ke kampung saat curah hujan tinggi.

“Kalau dilihat, jumlah sampah mungkin berton-ton banyaknya. Sebab banyak kayu besar,” ungkap warga sekitar, Eko Priyanto (40), ditemui detikcom di lokasi, Rabu (12/1).

(sip/rih) klaten bendung soka klaten sampah bpbd klaten birojatengdiy

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan